Monday 6 April 2015

Psikologi Persepsi


Resume pertemuan 2-4 mata kuliahPsikologi Persepsi
Pengertian
Persepsi adalah sesuatu yang dilakukan tidak hanya spikis tapi juga dengan fisik. Adapun menurut orang awam, persepsi adalah proses anggapan manusia mengenai hal yang ada diluar seseorang.







Persepsi selalu berdampak pada perilaku seseorang. Selain itu, persepsi sendiri ditentukan oleh pengirim dan penerima pesan.
                Dapat dikatakan persepsi kalau sedah mencapai tingkat pemahaman. Dan persepsi dimulai jika adanya objek yang berfungsi sebagai perangsang. Kegunaan perangsang/ stimulus adalah untuk membuat objek menjadi aktif. Hal ini dapat digambarkan seperti tabel dibawah ini:

Sedangkan psikologi adalah sebagai alat atau media belajar untuk memahami atau mempelajari tentang persepsi (proses berfikir). Konsepnya pemahaman mengenai sesuatu. Proses psikofisis yaitu proses yang ditangkap oleh jiwa.
Jiwa bersifat abadi. Didalam jiwa terdapat dua kebenaran yaitu kebenaran religi (non empiris/iman) dan kebenaran ilmu (empiris). Adapun pengertian ilmu adalah fikiran-fikiran manusia yang dapat diuji secara empiris.
Kemudian daripada itu,  jiwa sendiri dibagi menjadi 3:
a.       Fikiran (cognitif)
b.      Perasaan (affection)
c.       Keamanan 

No comments:

Post a Comment